Jumat, 27 November 2015

FILM KAH? JKT48 AS AKB48!



Holla…! Wah wah kembali lagi dengan blogger yang selalu ceria dan bersinar selalu, aku melody (nah lo?!)
Ehem, lupakan yang barusan, anggap saja hanya angin yang berhembus.
Nah, kali ini shonichiblog membawa artikel yang menarik! (mudah-mudahan menarik yah ..) ok, kalian udah pada ngidol berapa lama? Setahun? Dua hari? Apa?! tiga tahun? Seminggu yang lalu! Ok, jawaban nya saja kunci. Dari sekian lamanya kalian ngidol pernah kepikiran nggak sih, kalau sepertinya member-member JKT48 itu punya wajah, karakter, penampilan yang mirip dengan member-member AKB48. Ternyata cukup banyak lho member-member JKT yang memiliki kemiripan tersebut, baik yang memang alamiah (kebetulan) ataupun ada yang memang diseting seperti itu. ini seperti sebuah film yang berjudul AKB48 kemudian indonesia me-remake kembali film itu menjadi JKT48 yang bahasa dan pemerannya diganti menjadi lebih indonesia. Lalu siapa saja sih yang termasuk kedalam JKT48 AS AKB48 itu?
v MARIKO SHINODA (SHANIA JUNIATHA)

Yang pertama ada mariko shinoda yang diperankan oleh shanju, sekilas keduanya memang memiliki kemiripan dari postur tubuh yang tinggi serta pembawaan yang dewasa. Mungkin perbedaan yang paling mencolok adalah dari gaya rambut, dimana mariko-sama lebih nyaman dengan rambut pendeknya sementara shania selalu terlihat manis dengan rambut panjangnya. Yang menjadi tolak ukur lainnya adalah shania juga pernah menempati blocking yang sama dengan mariko shinoda dalam setlist renai kinshi jourei dan menjadi center dalam unit song manatsu no chrismast rose. Dan fakta yang terakhir adalah shania yang kini menempati jabatan sebagai kapten team utama dalam groupnya untuk pertama kali, hal ini mengingatkan saya pada beberapa tahun yang lalu dimana mariko shinoda dipercaya untuk menjadi kapten team A juga untuk pertama kalinya disaat seluruh team melakukan perombakan kapten, hal yang serupa terjadi di JKT.
v SHIMAZAKI HARUKA (CINDY YUVIA)
Sama-sama memiliki image imut, mungil dan kurang berbakat dalam banyak hal. Keduanya terkenal sebagai member yang tak begitu baik dalam performance namun sama-sama dipercaya menjadi center di teamnya. Yupi dengan k3 dan paruru dengan team 4 (sekarang team A). keduanya juga memiliki perjalanan karier yang hampir sama, baik yupi maupun paruru adalah dua gadis yang pemalu namun keduanya juga berhasil merebut posisi center dari sang pemilik. Yupi yang berhasil melengserkan kedudukan center yang dipegang rona, dan paruru yang berhasil menggeser shimada haruka dari perhatian AKS. Selain itu dalam setlist boku no taiyou yang pernah mereka bawakan bersama tim nya masing-masing, keduanya menempati blocking yang sama yaitu menjadi center setlist boku no taiyou dan membawakan unit song idol nante yobanaide.

v YUKI KASHIWAGI (SHANIA JINIANATHA& RATU VIENNY)
·        Shanju
Selain dianggap mirip dengan mariko shinoda, shania juga sering disebut-sebut sebagai yukirin-nya JKT. Kenapa? Karena keduanya sama-sama memiliki pembawaan dan karakter yang seksi dalam setiap performance nya.
·        Viny
Selain shania, viny juga merupakan yukirin versi JKT dimana baik viny maupun yukirin dinilai sebagai gadis yang kalem, dan dewasa dalam berbicara maupun bersikap. Perjalanan karir viny pun bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan yuki kashiwagi. Dimana dalam timnya keduanya menjadi orang yang selalu dinomor duakan, viny yang selalu berada dibelakang yupi dan yukirin yang selalu berada dalam bayang-bayang mayu watanabe. Walaupun selalu dinomor duakan mereka tak bisa dianggap remeh, terbukti keduanya sama-sama pernah mengalahkan rivalnya dalam dua kali sousenkyo.
-    jkt48 sousenkyo 2014 : viny peringkat 11 dan yupi peringkat 12
-    jkt48 sousenkyo 2015 : viny peringkat 7 dan yupi peringkat 9
-    akb48 sousenkyo 2011 : yukirin peringkat 3 dan mayuyu peringkat 5
-    akb48 sousenkyo 2015 : yukirin peringkat 2 dan mayuyu peringkat 3
viny juga pernah menjadi center untuk setlist pajama drive, tempat yang sama yang pernah yukirin tempati.


v YUKO OSHIMA (DEVI KINAL PUTRI& RONA ANGGREANI)
·        kinal
Sama-sama pernah dan menjabat sebagai kapten dari tim yang paling powerfull dari groupnya masing-masing, kinal dengan K3 dan yuko dengan team K. keduanya terkenal dengan dance-nya yang energick dan tentunya powerfull, sama-sama kurang berbakat dalam menyanyi. Sama-sama berbakat dalam mengocok perut, gila, dan narsis. Tetapi perbedaan mencolok menjadi cirri khas masing-masing dari keduanya. Dimana yuko merupakan gadis yang ambisius, selalu ingin menjadi yang terbaik dan berada diposisi puncak. Sementara kinal merupakan tipe gadis yang lebih senang untuk mendukung member-member lain ketimbang dirinya sendiri.
·        Rona
Seperti halnya kinal, rona atau yang lebih akrab disapa ayen ini, juga memiliki sosok yuko oshima dalam dirinya. Dua-duanya sama-sama berasal dari generasi kedua dari groupnya masing-masing, baik yuko maupun ayen juga merupakan center dari generasi dan teamnya(yuko-team K, ayen-K3), walaupun pada kenyataanya posisi center yang dipegang ayen tak bertahan lama. Yuko dan ayen juga memiliki kesamaan dari cara mereka menari yakni powerfull dan lincah. Walaupun kini ayen bukan center K3 lagi tetapi yuko oshima-nya JKT ini tak pernah surut dalam menunjukkan ambisinya sebagai seorang idol.
v KOJIMA HARUNA (JESSICA VERANDA)
Harunyan-nya JKT? Veranda jawabanya. Memiliki paras yang sama-sama cantik, tubuh tinggi, dan rambut panjang. Veranda yang selalu badai dalam performance nya seolah menekankan bahwa dirinya benar-benar kojima haruna versi Indonesia, dimana hal serupa terjadi dijepang. Keduanya sama-sama merupakan dancer yang masih dalam tahap belajar, sama-sama punya suara yang lembut, selalu tampil menarik dan fashionable.
v TOMOMI ITANO (NABILAH RATNA AYU AZALIA)
Nabilah? Versi kedua dari tomochin?! Gadis-gadis ini memiliki cukup banyak kesamaan yakni dari gigi gingsulnya, suara seraknya, sama-sama punya suara yang memukau dan merupakan salah satu dancer terbaik dari groupnya masing-masing. sama-sama merupakan member kesayangan dari management group masing-masing, terbukti! Selalu ditempatkan diposisi depan walaupun dalam sousekyo ranking keduanya sering diluar ekspetasi. Sama-sama merupakan member generasi pertama dari groupnya masing-masing. Keduanya menempati posisi yang sama dalam lagu heavy rotation, tsundere, dan beberapa lagu lainnya. Tomochin yang merupakan member AKB48 pertama, yang bersolo karier dengan merilis single dear j. terasa sangat mirip dengan nabilah yang menjadi member JKT48 pertama yang memiliki lagunya sendiri yakni sunshine becomes you.
v ATSUKO MAEDA (MELODY NURRAMDHANI& JESSICA VERANDA)
·        Melody
Pada awal kemunculan JKT48, tentu banyak yang beranggapan jika melody adalah atsuko maeda-nya JKT. Dimana keduanya sama-sama menjadi center digroup dan menjadi center pula dihampir seluruh single group masing-masing. menempati blocking yang sama dalam lagu river, yuuhi wo mitteiru ka?, manatsu no sound good, flying get, kaze wa fuiteiru, beginner, dan lagu-lagu lainnya. Sama-sama menjadi center setlist renai kinshi jourei. Sama-sama memiliki pembawaan yang lembut serta kharismatik.
·        Veranda
Kalau melody dikatakan sebagai atsuko maeda, itu dulu! Kok semakin kesini veranda jadi mirip acchan yah?
Veranda yang merupakan gadis yang pemalu ini awalnya sangat takut saat dirinya dinobatkan sebagai member JKT48 paling popular tahun 2015 yang dilakukan melalui voting penggemar. Hal serupa juga pernah dialami atsuko maeda dimana dia adalah gadis yang minder perlahan tapi pasti mulai berkembang setelah aki.p memintanya untuk menjadi center pertama kali dalam lagu nagisa no cherry. Sifat veranda yang kalem dan terkadang kurang bersemangat (DULU) terlihat sangat mirip dengan karakter atsuko maeda yang walaupun sekarang dia sudah bukan gadis yang pemalu lagi, namun dia masih tetap terlihat tenang, kalem dan anggun.
v TAKAHASHI MINAMI (MELODY NURRAMDHANI)
dan yang terakhir ada melody! Gadis bandung satu ini, dirasa sangat tepat menempati peran yang sama seperti takahashi minami. Melihat pada awal-awal kemunculan mereka di groupnya masing-masing, keduanya sama-sama paling banyak dipush, tentu hal ini memiliki tujuan, dan tujuan itu dapat kita lihat sekarang. Yakni untuk melatih mental keduanya dalam menghadapi banyak kecaman dan menjadikan keduanya pribadi yang kuat. Dan sekarang keduanya sama-sama menjadi pemimpin groupnya masing-masing bahkan mendapat jabatan yang lebih besar lagi dari itu, melody menjadi general manager theater JKT48 dan takahashi minami menempati posisi general manager AKB48 group. Postur tubuh keduanya yang terlihat lebih pendek dari member-member lainya di masing-masing groupnya membuat mereka teramat sangat mirip. Selain itu melody juga pernah menempati posisi yang sama dengan takahashi minami dalam setlist dareka no tame ni dan menjadi center dalam unit song pembuka setlist tersebut, yakni Bird.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar